iklan

Jangan Dibuang !! Ternyata Kulit Kelengkeng Efektif Untuk Mengobati Berbagai “Penyakit Ini”, Begini Cara Mengolahnya...

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Buah kelengkeng atau lengkeng adalah buah kecil yang berasal dari dataran Cina. Ciri khasnya adalah kulit kelengkeng yang halus dan berwarna coklat langsat. Di daerah asalnya, kelengkeng memiliki julukan, yaitu buah mata naga. Di Indonesia sendiri kelegkeng juga memiliki nama panggilan, yaitu mata kucing. Hal tersebut dikarenakan biji buah kelengkeng yang kecil berbentuk mirip dengan bola mata.
Buah kelengkeng memiliki daging buah yang putih dan sedikit buram serta berair. Rasanya yang manis membuat buah ini sangat diminati oleh orang-orang Indonesia. Selain dijadikan dessert atau hidangan penutup, buah ini juga biasa dijadikan camilan sehat bagi yang ingin berdiet.
Jangan Dibuang !! Ternyata Kulit Kelengkeng Efektif Untuk Mengobati Berbagai “Penyakit Ini”, Begini Cara Mengolahnya...


Tapi kita juga harus berhati-hati dalam mengonsumsi buah ini. Karena apabila terlalu banyak memakan buah ini kita bisa mabuk. Hal tersebut terjadi karena buah kelengkeng memiliki banyak kandungan energi. Jadi, tubuh kita bisa panas dari dalam apabila memakan kelengkeng secara berlebihan dari kadar yang dibutuhkan oleh tubuh.
Seperti buah lainnya, seluruh bagian dari buah kelengkeng pasti memiliki khasiat dan manfaat yang dapat kita gunakan sehari-hari. Mulai dari daging buahnya, biji, pohon, daun, bahkan kulit kelengkeng yang biasanya kita buang dan abaikan begitu saja sebagai sampah. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai manfaat kulit kelengkeng. Sama seperti kulit buah menyehatkan lainnya, ada begitu banyak yang orang tidak ketahui tentang manfaat yang akan kita peroleh apabila kita mengolahnya menjadi hal yang berguna. 
Apa sajakah manfaat tersebut?
1. Sebagai obat luka bakar ringan
Luka bakar ringan biasanya terjadi karena masalah sepele. Misalnya saja luka karena terkena knalpot kendaraan bermotor, terkena percikan api dan lain-lain. Apabila di rumah Anda tersedia buah kelengkeng maka Anda bisa memanfaatkan kulit kelengkeng sebagai obat yang cukup ampuh. Caranya adalah dengan menumbuk kulit kelengkeng hingga halus. Kemudian berilah campuran minyak thung. Setelah ramuan tersebut jadi, oleskan pada daerah yang terkena luka bakar tadi. Lakukan hingga bekas luka menghilang.
2. Sebagai obat luka yang sudah sulit hilang
Pasti Anda merasa malu apabila ada bekas luka yang sulit hilang ketahuan oleh orang di sekitar Anda. Minder sudah pasti, bahkan mungkin rasa percaya diri Anda hilang seketika. Tenang saja, ternyata luka lama Anda yang sangat membandel tersebut dapat dihilangkan dengan kulit kelengkeng. Caranya tumbuk kulit kelengkeng hingga halus, kemudian campur dengan minyak zaitun. Minyak zaitun bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek herbal terdekat. Lakukan selama seminggu secara rutin. Niscaya luka tersebut lama kelamaan akan pudar.
3. Antidepresan
Kenapa bisa? Iya, selain buahnya Anda juga bisa memanfaatkan kulit kelengkeng sebagai obat antidepresan. Karena kandungan yang terdapat pada kelengkeng sangat baik untuk menenangkan tubuh kita yang mengalami stres.
4. Sebagai obat demam
Anak Anda demam? Ada kulit kelengkeng di rumah yang menganggur? Jangan terlalu cepat memberikan obat kimia pada anak Anda. Salah-salah mungkin akan ada efek sampingnya. Manfaatkan saja kulit kelengkeng yang Anda kira sampah tadi. Ambilah segenggam kulit kelengkeng tadi, tumbuk bersama daun kelengkeng hingga halus. Lalu berilah sedikit air, kemudian tempelkan ramuan tersebut di dahi anak Anda yang mengalami demam.
5. Sebagai obat nyamuk
Bau khas yang dimiliki kulit kelengkeng dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk ternyata. Caranya sangat mudah. Cukup ambil segenggam kulit kelengkeng, kemudian jemur hingga kering di bawah terik. Lalu gunakan sebagai obat pengusir nyamuk di malam hari dengan cara membakarnya. Jangan lupa untuk memberi wadah ya, agar tidak membakar benda di sekitar obat nyamuk alami tersebut.
6. Sebagai penghias ruangan
Kalau Anda kreatif pasti Anda bisa mengolah sampah limbah kulit kelengkeng menjadi hal yang menarik dan sedap di pandang mata. Anda hanya membutuhkan kulit kelengkeng secukupnya, lem kayu, beberapa lidi, dan benda menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan di sekitar rumah Anda. Anda bisa menjadikannya sebagai karya mozaik untuk mempercantik ruang tamu atau tempat pensil yang lucu untuk buah hati.
Nah, itu tadi pemaparan dari manfaat dan khasiat dari kulit kelengkeng, Anda bisa menggunakan kulit buah lain di sekitar Anda, apabila Anda menginginkannya. Cukup mudah dan murah bukan? Baik dari segi pemanfaatan atau pengolahannya menjadi barang berdaya guna untuk kehidupan sehari-hari. Anda hanya perlu melihat sekitar dan memanfaatkannya serta mengolahnya, karena efek samping yang ditimbulkan oleh bahan atau benda dari alam sangat kecil.
So, back to nature. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba serta mengeksplore khasiat yang dimiliki kulit kelengkeng.
Sumber: Khasiat
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Jangan Dibuang !! Ternyata Kulit Kelengkeng Efektif Untuk Mengobati Berbagai “Penyakit Ini”, Begini Cara Mengolahnya..."

Posting Komentar